Langkah Cepat Untuk Tampilkan Pesan Kesalahan JavaScript

Saat membuat program dengan JavaScript, ada kalanya seorang programmer melakukan kesalahan penulisan yang memicu munculnya pesan error. Diperlukan bimbingan dari kursus programming online agar proses belajar bisa lebih cepat. Berhubungan dengan error, lantas tahukah anda bagaimana cara cepat untuk menampilkannya? Berikut ulasannya.

Mengapa Error JavaScript Default Disembunyikan?

Kemudahan menggunakan JavaScript membuat para programmer banyak yang menguasainya. Bahkan bahasa pemrograman ini adalah ilmu pertama yang diajarkan sebelum programmer pemula mencoba bahasa pemrograman yang lain. Bukan hanya karena itu, JavaScript juga dapat digunakan tujuan, terutama menghias website sehingga perannya sangat penting.

Pesan error atau pesan kesalahan biasanya akan langsung muncul jika programmer menuliskan susunan syntax yang salah. Respon ini menunjukkan bahwa program tidak bisa membaca perintah. Akan tetapi, pesan error pada JavaScript tidaklah langsung muncul di web browser. Kondisi ini terjadi karena web browser secara default menyembunyikan permasalahan coding di halaman web nya.

Disembunyikannya pesan eror bukan tanpa alasan. Web browser menyembunyikan kesalahan pemrograman agar pengunjung website tidak bingung saat melihat pesan pesan error bermunculan dalam sebuah page. Sedangkan untuk programmer, anda butuh yang sebaliknya. Akan sangat membantu jika pesan error dari program yang telah dibuat bisa langsung terdeteksi.

Dulunya keperluan debugging ini harus menggunakan plugin tambahan yang diinstal di dalam web browser. Akan tetapi, saat ini web browser sudah menyediakan fitur bawaan untuk menampilkan kesalahan untuk programmer web, terutama JavaScript. Fitur ini pastinya sangat membantu programmer karena merek bisa langsung membenahi masalah tanpa harus mencarinya.

Memunculkan Pesan Error dengan Developer Tools Google Chrome

Cara cepat yang bisa anda lakukan untuk menampilkan pesan error di website adalah dengan menggunakan fitur developer tools. Sesuai dengan namanya, developer tools dirancang khusus untuk memudahkan pekerjaan pengembang website. Dengan fitur ini, mereka bisa melihat pesan error JavaScript, HTML, SCC serta langsung melihat efeknya secara realtime.

Untuk mengakses fitur khusus ini, anda bisa klik setting Google Chrome yang letaknya berada di pojok kanan atas. Kemudian carilah menu Tools dan pilih Developer Tools. Program tersebut juga memiliki sebuah tombol shortcut di keyboard, yaitu CTRL + SHIFT + I. Dengan begitu, para pengembang website menjadi lebih mudah mengaksesnya.

Memunculkan Pesan Error di Mozilla Firefox

Selain di Google Chrome, Mozilla Firefox juga merupakan sebuah browser yang banyak peminat. Browser tersebut juga memberikan layanan kepada web developer untuk mengetahui pesan error dalam sebuah website secara langsung. Anda bisa mengaksesnya dengan mengakses jendela Web Developer.

Untuk memunculkannya, anda bisa klik menu firefox di sebelah kiri atas lalu pilih menu Web Developer. Anda juga bisa menggunakan shortcut yakni kombinasi CTRL + SHIFT + I sama seperti yang digunakan di Google Chrome. Menu di bagian Web Developer ini cukup lengkap dan banyak, namun langsung klik saja menu console. Dengan begitu pesan eror akan ditampilkan.

Setelah pesan error muncul, anda bisa langsung mengetahui kesalahan yang ada di bahasa pemrograman yang telah dibuat. Dengan begitu, proses pembenahan menjadi lebih cepat. Alhasil, tampilan website akan menjadi sesuai dengan keinginan. Alhasil, para pengunjung website juga akan semakin betah.

Begitulah cara yang bisa anda ikuti untuk menampilkan  pesan error atau pesan kesalahan di browser. Terobosan ini memanglah cukup penting agar pengembang website bisa bekerja dengan lebih mudah. Tips tips semacam ini bisa anda peroleh lebih dalam jika bergabung bersama Nextgen. mereka adalah lembaga kursus programming yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *